Selasa, 29 November 2016

KONEKSI INTERNET MENGGUNAKAN HANDPHONE SEBAGAI MODEM


KONEKSI INTERNET MENGGUNAKAN HANDPHONE SEBAGAI MODEM


KATA PENGANTAR

Kebutuhan akan akses internet yang cepat serta tidak membatasi ruang gerak penggunanya melahirkan berbagai macam teknologi baru. Saat ini internet tidak hanya dapat dinikmati melalui PC( Personal Computer ), namun bisa juga menggunakan HandPhone. Teknologi pendukungnya juga berkembang dengan cepat, dimulai dengan kehadiran WAP ( Wireless Application Protocol ), internet modem menggunakan HandPhone beserta layanan data kecepatan tinggi.
Melalui artikel ini pembaca akan memperoleh panduan-panduan menikmati internet  secaramobile  menggunakan HandPhone. Seperti cara memanfaatkan  dan mengguanakan layanan WAP, modem HandPhone, serta berbagai macam panduan lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi diri anda maupun masyarakat serta menjadi salah satu jalan untuk memasyarakatkan internet di Indonesia.


INTERNET ITU APA SICH ?

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah internet. Internet hadir atas kebutuhan masyarakat untuk memperoleh informasi dengan cepat. Secara definisi, internet adalah jaringan komputer yang sangat luas, menjangkau seluruh dunia dan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi/data. Teknologi yang terus berkembang memperluas ruang lingkup internet. Saat ini selain komputer, HandPhone juga dapat terhubung dengan internet. Hal inilah yang menjadi pembahasan dalam artikel ini “ ber-internet dengan HandPhone anda”

MEMULAI BER-INTERNET DENGAN HANDPHONE
Perkembangan teknologi memperluas fungsi HandPhone, tidak hanya ebagai alat komunikai biasa tetapi juga bisa digunakan untuk mengakes internet . Terdapat 2 cara  yang dapat anda lakukan untuk ber-internet dengan HandPhone :

  1. Menggunakan layanan WAP.

Pasti anda sering mendengar istilah WAP. Ketika membeli HandPhone, WAP  merupakan fitur yang harus ada untuk bisa mengakes internet. WAP ( Wireles Application Protocol ) adalah protokol yang digunakan pada HandPhone agar dapt terhubung dengan internet. Sehingga jika kita ingin mengakses internet, maka HandPhone haru mendukung layanan WAP. Namun layanan WAP tersebut tidak akan berarti tanpa dukungan dari operator seluler. Operator seluler merupakan pihak yang menyediakan bearer agar data dapat dikirim dan diterima. Bearer adalah jaringan yang digunakan untuk mentransmisikan data. Operator di Indonesia menggunakan CSD ( Circuit Switch Data ), GPRS ( General Packet Radio Services ),dan CDMA ( Code Division Multiple Access ) sebagai bearer layanan WAP. Penjelasan  setiap bearer akan dijelaskan pada bab selanjutnya. Langkah awal yang harus anda persiapkan untuk memulai ber-internet menggunakan layanan WAP adalah :
“Pastikan bahwa HandPhone dan operator Seluler yang anda gunakan mendukung layanan WAP”

  1. Menggunakan modem HandPhone
Cara kedua merupakan cara yang paling nyaman HandPhone dipakai sebagai modem untuk laptop atau PC untuk mengakses internet. Modem adalah perangkat perantara untuk menghubungkan komputer dengan internet. Namun tidak semua HandPhone dapat dijadikan modem, hanya HandPhone yang memiliki bearer (jaringan transmisi data) GPRS ataupun CDMA yang dapat digunakan. Selain itu diperlukan juga perangkat perantara untuk menghubungkan komputer dengan HandPhone . perangkat ini dapat berupa kabel data, bluetooth, atau infra-red (IrDa). Oleh kerena itu yang harus dipersiapkan untuk memulai berinternet menggunakan modem HandPhone adalah :
  1. Pastikan HandPhone dan operator seluler yang anda gunakan mendukung bearer yang ada
  2. Tentukan perangkat perantara yang akan digunakan : kabel data, bluetooth, atau infra merah (infra-red)

https://kotakmadu.wordpress.com/koneksi-internet-menggunakan-handphone-sebagai-modem/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar