Selasa, 08 November 2016

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet


Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet - Untuk bisa saling berhubungan berkomunikasi menggunakan internet syarat-syarat yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut:
1.. Komputer
perangkat utama untuk mengakses internet adalah komputer, seperti yang telah anda ketahui bahwa komputer merupakan alat serbaguna yang banyak membantu kehidupan manusia. Komputer sering digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah, Anda juga dapat menggunakan komputer untuk mengakses internet. Komputer yang Anda gunakan tidaklah perlu bagus dan harganya mahal, namun komputer dengan spesifikasi yang rendah dapat terhubung dengan internet.

Dan juga Anda tidak membutuhkan komputer atau laptop dengan harganya yang sangat mahal dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer atau laptop yang murah jika dibekali dengan modem maka bisa terhubung ke internet atau laptop yang dilengkapi dengan wifi id dapat juga terhubung ke internet anda bisa mengakses hotspot gratis di berbagai tempat misalnya cafe, kampus, sekolahan dan kantor-kantor pemerintah.

2. Kartu jaringan 
Kartu jaringan adalah salah satu perangkat keras untuk akses internet dengan menggunakan local area network atau yang sering disebut dengan jaringan LAN. cara pengaksesan model ini banyak dilakukan di kantor, di pemerintahan dan warnet atau warung internet. kartu jaringan digunakan sebagai jembatan penghubung komputer ke jaringan. Anda dapat menjumpai 2 jenis NIC  yaitu yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis.
NIC  yang bersifat fisik misalnya ethernet  dan token ring , NIC yang bersifat logis misalnya loopback adapter dan Dial Up adapter.  Setiap NIC memiliki nomor alamat yang disebut dengan MAC Adress, Anda dapat memilih MAC Adress yang bersifat statis tidak dapat diubah atau non statistik dapat diubah.
NIC fisik umumnya berupa kartu dapat ditanyakan kedalam slot pada motherboard komputer.  bagian ini dapat berupa kartun dengan bus Isa bus PCI, Bus EISA,BUS MCA, dan BUS PCI Express.

3. Modem
Modem singkatan modulator demodulator, bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berisi data atau pesan dari sinyal pembawa yang diterima, informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem merupakan penggabungan kedua-duanya artinya modem adalah alat komunikasi dua arah setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut dengan modem seperti VSAT,  microwave, radio dan lain sebagainya.
Sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer, data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog tersebut dapat dikirim melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio, Setibanya di modem tujuan tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirim kan kepada komputer.

Jenis Modem

Modem berdasarkan bentuk fisik dapat dibedakan menjadi dua bagian :
1. Modem eksternal -modem eksternal adalah modem yang ditempatkan di luar perangkat utama komputer. modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN dan kabel USB tergantung tipe modemnya .
2. Modem internal - modem internal dipasang pada bagian dalam komputer misalnya pada sebuah PC pada slot motherboard tertentu yang sudah dilengkapi modem dari pabriknya.
Modem berdasarkan jaringan atau media terdiri dari dua jenis :
1. Modem Kabel - modem kabel untuk akses internet menggunakan kabel jaringan misalnya seperti jaringan kabel telepon, selain menggunakan jaringan telepon juga bisa menggunakan jaringan tv kabel.
2. Modem wireles teknologi untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer . seperti modem GSM modem CDMA modem HSDPA dan HSUPA.

4. Saluran Telepon
Saluran telepon telepon juga dapat anda gunakan sebagai perangkat keras untuk mengakses internet, penggunaan Saluran telepon ikuti dengan penggunaan modemyang dialami dial up telepon, perangkat keras untuk mengakses internet juga dapat dilakukan menggunakan TV kabel dan tentu anda harus menggunakan modem kabel unutk terhubung ke dunia internet karena tidak perlu mendaftar apapun.
Saluran telepon dikenal sebagai jalur leased line, leased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi. umumnya leased line gunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus menerus, leased line memiliki beberapa tingkatan dari bergantung pada lebar jalur data  atau bandwith  yang mampu dikirim melalui leased line tersebut.
koneksi leased line menggunakan layanan komersial yang sudah ada, misanya dial up telkomnet instan internet service provider atau perusahaan jasa penyedia internet adalah perusahaan penyedia jasa sambungan internet.

Peralatan Pendukung Untuk Akses Internet

Selain peralatan pokok Anda juga dapat memerlukan beberapa alat pendukung perangkat keras untuk akses internet perangkat pendukung untuk mengakses internet adalah sebagai berikut:
1. hub dan switch  
HUb dan Switch digunakan sebagai alat penghubung antar komputer, Selain itu juga digunakan untuk membangun sebuah jaringan sederhana komputer dalam satu grup IP local. hub memiliki beberapa port, selain port  yang tersambung ke jaringan masing-masing port dapat dihubungkan ke komputer ketika ada satu paket data masuk ke dalam salah satu port,  paket data akan bersalin ke port yang lain akibatnya Semua komputer yang tersambung ke hub dapat membaca paket data tersebut.

perangkat keras komputer untuk akses internet, perangkat keras untuk akses internet, perangkat keras untuk mengakses internet
Namun sekarang hub ditinggalkan dan diganti dengan switch, penggantian ini dilakukan karena kecepatan transfer data hub lebih lambat daripada kecil buatan transfer data switch dapat melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 100 mbps bahkan telah dikembangkan sehingga mampu melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 1 Gbps, hub  disebut juga konsentrator nilai lebih unggul adalah kemampuannya untuk memperkuat sinyal, selain itu juga hub memiliki jumlah yang banyak port. dengan kelebihan ini hub memungkin kan koneksi banyak ke komputer kekurangan daerah tabrakan data hal ini mengakibatkan penurunan untuk kerja sampingan. baca juga cara mempercepat koneksi internet wifi

2. Repeater
Repeater digunakan sebagai penerima sinyal dan kemudian memancarkannya kembali. perangkat keras untuk mengakses internet ini dianggap memiliki nilai lebih karena benda ini mampu memperkuat sinyal. Hal ini dapat dilakukan karena repeater akan mengirim kembali sinyal dengan kekuatan sinyal yang asli singkatnya repeater untuk menguatkan kembali sinyal agar sinyal dikirim sekuat sinyal asli.
3. Router
Router adalah perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing, lapisan jaringan seperti internet dan tujuan lapisan OSI atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan penghubung untuk membentuk suatu local area network. baca juga pengertian router

Secara umum router dibagi menjadi dua buah jenis:
a. Static router atau router statis adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang disetting secara manual oleh para administrator jaringan.
b. Dynamic router atau adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.



 http://www.pintarkomputer.co.uk/2015/11/perangkat-keras-untuk-akses-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar